Gerindra: Jokowi Pesaing Terberat Prabowo


Gerindra: Jokowi Pesaing Terberat Prabowo  
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengakui Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo merupakan pesaing berat Ketua Dewan Pembina Gerindra Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden 2014. Dengan catatan, kata dia, PDIP memang mencalonkan Jokowi sebagai calon presiden. "Sejauh ini kan masih disebut-sebut. PDIP belum mengumumkan calonnya," kata Fadli saat dihubungi, Senin, 3 Maret 2014.

Selain Jokowi, kata Fadli, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie juga menjadi pesaing berat Prabowo untuk menduduki kursi RI-1. Soalnya, kata Fadli, Mega dan Ical merupakan tokoh yang sudah berpengalaman sebagai politikus. "Mereka bertiga punya konstituen sendiri," katanya.

Menurut Fadli, kekuatan empat figur itu akan ditentukan oleh hasil pemilihan legislatif pada 9 April 2014 mendatang. Sebab, hasil pemilihan legislatif yang menjadi dasar pencapresan akan menentukan siapa yang menang, siapa yang kalah. "Ibarat tinju, siapa pemenangnya bisa dilihat dari siapa saja yang bertarung di ring," kata Fadli.

Fadli memprediksi pemilihan presiden mendatang hanya akan diikuti oleh tiga pasangan calon. Maksimal, kata Fadli, empat pasang calon. Lalu, ke mana calon presiden dari Demokrat yang kini sedang bertarung di konvensi? "Belum terlihat menonjol termasuk dari sisi konvensi. Apa lagi elektabilitas calonnya belum kuat," kata Fadli.

Berdasarkan UU Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, partai politik bisa mengajukan calon presiden jika memperoleh 20 persen kursi parlemen nasional. Dengan aturan itu, diprediksi hanya ada 3 partai yang sanggup mengajukan calon presiden.

0 komentar: