Tips Memilih Internet Service Provider (ISP)


 
 
Internet Service Provider atau biasa disingkat dengan ISP. Internet Service Provider atau ISP adalah perusahaan yang menyediakan jasa untuk memberikan akses internet kepada pelanggannya. Internet Service Provider ini menyediakan perangkat serta layanan yang dibutuhkan oleh orang yang ingin bisa mengakses internet. selain mempersiapkan perangkat-perangkat yang dibutuhkan untuk mengakses internet, langkah selanjutnya adalah mencari dan memilih ISP atau Internet Service Provider yang paling cocok dengan kebutuhan, keinginan, dan kemampuan keuangan, saat kita ingin memilih dan menggunakan ISP, ada beberapa hal yang seharusnya menjadi pertimbangan kita Hal-hal ini patut diperhitungkan sebagai bahan pertimbangan, agar jangan sampai kita melakukan kesalahan yang berakibat kerugian. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan, saat hendak memilih penyedia jasa internet atau ISP, antara lain:


  • BIAYA BERLANGGANAN
saat Anda ingin memilih ISP, sudah selayaknya Anda juga memperhitungkan dan mempertanyakan terlebih dahulu berapa biaya yang harus di keluarkan untuk membayar iuran untuk berlangganan pada suatu ISP. Biaya berlangganan ini harus dipahami sejelas-jelasnya. Tanyakan hal-hal lain juga yang menyangkut biaya tambahan. Misalnya biaya tambahan yang akan dikenakan saat pemakaian melebihi atau pun kurang dari batas yang telah di tentukan. Biasannya biaya pemakaian ini dibagi-bagi atau dibuat dalam bermacam-macam paket. Paket-paket ini ini tergantung dari masing-masing pihak ISP. Misalnya, ada yang namanya paket bandwitch. Dalam paket bandwith ini, pihak ISP menentukan limit atau batas maksimum yang boleh pergunakan untuk harga tertentu. Atau ada juga yang namanya paker flat. Paket flat ini berarti Anda bisa menggunakan internet sepuasnya. Tentu saja dengan harga yang telah ditentukan oleh pihak ISP.
  • BIAYA PEMASANGAN
Untuk jenis-jenis koneksi internet berbeda, tentu akan membutuhkan peralatan dan cara penginstalan atau pamasangan yang berbeda. juga harus memperhitungkan, serta mempertanyakan, apakah pihak ISP juga akan mengenakan biaya tambahan untuk pemasangan atau penginstalan ini.
  • PERLINDUNGAN TERHADAP VIRUS DAN SPAM
ISP yang baik, seharusnya perduli dengan pelanggannya, salah satunya dengan cara memberikan perlindungan terhadap virus dan spam. ISP itu seharusnya mempunyai perangkat yang bisa mendeteksi dan memblokir file-file yang akan membahayakan jika diakses oleh pelanggannya. Spam dan virus ini , biasanya dikirimkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab melalui email. Jika suatu saat Anda menerima atau mendapat email dengan sisipan (attachment) file yang mencurigakan, ISP seharusnya mempunyai sistem yang akan memeriksa file tersebut terlebih dulu, dan memberikan peringatan saat pelanggannya ingin mengakses file tersebut.
  • LAMANYA KONTRAK
Saat suatu ISP meminta Anda untuk menjadi pelanggannya dalam waktu yang panjang, sebaiknya diselidiki terlebih dulu ISP tersebut. Apakah pelayanan yang mereka berikan memang sesuai dengan apa yang mereka janjikan. Hal ini sangat penting , misalnya suatu ISP mewajibkan harus berlangganan dan membayar biaya untuk setidaknya selama 1 tahun. Dan dalam surat perjanjian mengatakan bahwa, jika Anda berhenti berlangganan sebelum batas waktu yang ditentukan, Anda tetap akan dikenakan biaya. Jika pelayanan yang mereka berikan ternyata tidak sesuai bahkan sangat mengecewakan, Anda akan mengalami kerugian yang tidak terkirakan. Ini ibaratnya maju kena mundur kena. Jika Anda ingin berhenti berlangganan sebelum batas waktu, Anda tetap keluar biaya, mau diteruskan tapi pelayanannya menyebalkan. Karena itu perhatikan dan tanyakan sejelas-jelasnya isi dari kontrak perjanjian yang disyaratkan oleh pihak ISP yang ingin Anda pergunakan.
  • BANTUAN TEKNIS
Bantuan teknis ini juga harus Anda tanyakan kepada pihak ISP. Tanyakan apakah ISP tersebut memberikan bantuan teknis saat Anda perlukan. Dan tanyakan, apakah Anda akan dikenakan biaya tambahan saat meminta bantuan teknis tersebut. Tanyakan juga jika tiba-tiba koneksi putus dan meminta bantuan, apakah bantuan teknis bisa datang/memberi tanggapan dengan cepat.
  • KECEPATAN KONEKSI INTERNET
Sebelum Anda memutuskan untuk memilih salah satu dari banyak penyedia jasa internet/ISP Anda perlu mencari informasi dari internet atau pun dari teman-teman yang telah membangun warnet tentang bagaimana kecepatan koneksi internet atau yang lebih dikenal dengan bandwidth yang di sediakan. Anda perlu mencoba dan merasakan sendiri bagaimana performance dari ISP tersebut. Dan jika perlu Anda meminta masa percobaan/trial koneksi internet dalam waktu tertentu. Cobalah cari di internet menggunakan www.google.com dengan kata kunci “speed test” situs tersebut akan menganalisa dan melakukan tes berapa bandwidth maksimal yang dapat dicapai oleh oleh tiap komputer di sebuah warnet.

0 komentar: