Kelebihan dan Kelemahan BlackBerry Z10,

kelebihan dan kekurangan blackberry z10Setelah beberapa waktu lalu Plasagadget.com  memaparkan peluncuran BlackBerry (BB) seri terbarunya, yaitu BlackBerry Z10, kini setelah ponsel pintar layar sentuh ini telah banyak hadir di pasaran Indonesia, Plasagadget.com  ingin menyampaikan lebih jauh tentang kelebihan dan kekurangan yang terbenam dalam smartphone ini.
Dunia perponselan mengakui, kehadiran ponsel pintar dari vendor Amerika, RIM, memang telah berhasil mencetak nama papan atas di dunia bisnis ponsel internasional. Vendor yang mulanya berhasil membooming kan gadget qwerty ini memang berhasil nangkring di jajaran atas bisnis ponsel pintar.
Perbaikan-perbaikannya yang dilakukan di tiap seri memang cukup menonjol, sekalipun masih terbatas pada desain luar dan performance muka saja, secara komposisi kemampuan dan user interface masih sama. Namun, kita harus mengakui bahwa tiap beberapa bulan sekali sejak beberapa tahun ini RIM menelorkan produk BB terbaru dengan wajah apiknya. Kali ini dengan nama Z10, yang tak lain tak bukan adalah menggunakan nama OS yang terbaru OS BlackBerry 10.
Apa yang menghebohkan selain wajah touchscreen nya yang kotak persegi? Yaitu kelebihan dan kekurangan BlackBerry Z10 ini yang sedang cukup santer disoroti penggila BB.
Kelebihan BlackBerry Z10
Diantara kelebihan BB seri terbaru ini yang paling nampak dari luar tentu saja tampilannya yang lebih nyaman di genggaman, seperti iPhone. Beratnya juga hanya 135 gram, ringan di tangan. Bentuknya yang lebar ke atas atau panjang, lebih mengutamakan tampilan nyaman sesuai arah mata naik dan turun, bukan bentuk menggemuk kanan kiri. Bentuk sangat rapih dan ramping, berbeda dengan banyak BB seri pendahulunya, sekalipun yang touchscreen sebelumnya. Belum lagi, tentunya dukungan sistem operasi (OS) terbaru BB 10, pasti lebih mendukung beragam fitur atau kinerja yang belum ada atau belum optimal pada OS sebelumnya.
Fitur yang akan sangat disukai adalah fitur BB Hun, BBM voice and video, waah, super canggih deh! Berdasarkan informasi para pemakainya, kinerja BB Z10 terasa lebih stabil ketimbang seri touchscreen sebelumnya.
Kekurangan BlackBerry Z10
Bagi penyuka kualitas bahan, sepertinya BB Z10 akan sangat mengecewakan, karena smartphone ini dibuat dengan menggunakan dominasi bahan plastik. Jika diamati, handheld menjadi kurang elegan. Keluhan lain juga pada aplikasi yang tersedia, untuk BB Z10 ini masih sangat minim aplikasi apapun. Huff..
Pro Kontra BB Z10
Dihilangkannya paket BlackBerry Internet Service (BIS). Fakta ini dikritisi sejumlah pengamat ponsel. Ada sebagian yang tidak sepakat namun ada yang berpendapat ini justru bagus. Bagaimana perbedaan pendapat ini?
Pro:
-    Kita tak perlu lagi mengurusi jenis paket layanan BIS
-    Bebas pikiran, karena begitu kartu GSM diaktivasi, mengisi pulsa paket data, maka tinggal dipakai tanpa perlu memikirkan paket email saja / browsing saja, dll
-    Ada peluang untuk turunnya harga paket data (pada para privider)
-    Tidak perlu mencatat bbid atau username bila berpindah kartu
Kons:
-    Operator harus bersiap menghadapi arus data yang dipastikan akan sangat besar
-    Boros pulsa tanpa kendali, karena untuk akses data
-    tahap awal sync nya akan butuh arus data yang besar

0 komentar: